Postingan

Emak-Emak Bicara Masalah Tata Kota Bikin Ngekehlah

Gambar
       Yee...dapat dua penghargaan oii..

Hujan, hujan tlah datang lagi....
Tadi malam hujan semalaman. Pas nulis artikel ini, ujannya masih turun. Sejuk udaranya, segar badan terasa. Tapi air menggenang dimana-mana. Bukan salah ujan, apalagi musimnya. Salah manusianya, awak nilah...
Di Marelan, Medan pada umumnyalah, terutama yang berada di daerah-daerah pemukiman padat, parit depan halaman rumah itu tak mengalir airnya. Pembuangan ya hanya bagi masing-masing rumah saja. Itupun masih banyak warga yang tak mau membuat parit depan rumahnya. Kalaupun saluran di gang-gang lancar jaya, tiba bertemu dengan parit besar yang ada di jalan raya utama, langsung mentok, tersumbat.

biar kebanjiran tetap semangat beraktifitas
Ujan lama sikit, walaupun tak deras, air bakalan menggenang. Selama ini, air hanya mengharapkan serapan dari tanah. Itupun selagi ada tanah kosong, ya masih amanlah sementara, kalau udah didirikan bangunan? Entah mau lari kemana airnya. Kaconya lagi, asal ada tanah kosong, enta…

Bolak-Balik Listrik Padam Kayak Minum Obat

Gambar
                                                    inila jam dijital yang sukak cerewet itu

Hari ini, di Marelan, empat kali mati lampu. Astaga, sudah melampaui anjuran minum obat kan? Tiga kali siang, sekali menjelang magrib. Jarak waktunya sebentar-sebentar pulak.
Kalok siang mati lampu, banyak yang lama baru sadar. Ujug-ujug pas mau pakek alat apa gitu, dicolokin gak nyala. Barulah tau kalau listrik padam. Nah kalau di rumahku, siang-siang mati lampu, taunya idup itu kalok jam digital di kamar menjerit-jerit. Tandanya lampu barusan mati, bentar aja, idup lagi.
Kakak yang bantu di rumah ngomel, tadi pas dia nggosok, tiba-tiba setrikaannya gak panas. Diputar-putar stelannya, macam tau listrik aja.  
“Alah, baju sekolah belom digosok pulaklah ini, lama gak ya matinya?” dia risau. Baju sekolah Rayyan 3 stel, besok Kamis, stok baju udah abis. Pening dia. Padahal tak masalahnya samaku itu. Aku bisanya nggosok sendiri, nanti malam, atau kapan aja pas idup lampu.
Tadi ada kutengok statu…

Mengapa Harga Cabai Mahal?

Gambar
Pulang belanja dari warung tetangga (aku kan militan sama yang beginian, patuh Mak, enggak ke pasar, demi supot ekonomi rakyat kecil, hiii...),  langsung dengan bahagia cerita ke Kakak yang bantuin di rumah.

"Ih Kak, cebe merah murah kaliii, sekilo dua belas ribu, itu di kede lo Kak. Di pajak brapa cobak?" pasti mataku berbinar-binar waktu cerita.

"Oh iya, Rik, semalem sebelah rumah blanja di Brayan sekilo lima ribu.." kakak selow cerita, enggak pakai menoleh lagi, sibuk dengan kerjaannya.

Jdaar!!

Lah mau buat surpris kok malah tersupris ini bagaimana ya? Berita yang sudah digadang-gadang mau diceritakan dengan seru menderu-deru, tiba-tiba melorot ke mata kaki. Jadi orang bukan yang pertama itu begini rupanya. Merasa kurang gereget, gitu..

Padahal aku tadi mau cerita, kalau emak-emak di warung pada bercanda begini,  "Selagi cabe murah, beli segoni, buat bantal," 😂
Soalnya pernah lo, harga cabai sekilonya sama dengan harga daging. Kan lebih baik beli dag…

Apa Sih Makna Berqurban Bagi Kita, Apa Cuma Bagi-Bagi Daging Doang?

Gambar
Bekerja bersama, bersama bekerja, yang qurban langsung turun tangan...😁

Biasa pegang laptop, setahun sekali jadi tukang potong 😁


Bingung daging qurbannya mau diapain? Kalau aku malah enggak kefikiran mau diapa-apain. Nyisain sekedarnya, enggak sampai berkilo-kilo, belum ada niatan dalam satu dua hari ini mau diolah. Kusiapkan seperti biasa saja, simpan di freezer, untuk lauk harian seperti biasa, bisa disambal, rendang atau daging gepuk, atau entah apa lagi, belum direncanakan. Dan lihat postingan teman-teman tentang resep-resep masakan, jadi punya ide juga. Terima kasih teman-teman yang jago masak, tabik...
Hari ini malah seleraku berlauk tersimpel, menunya orang malas, tapi sudah terbayang-bayang serunya makan pedasnya cabe rawit. Ikan tongkol kugoreng garing, berikut sedikit teri Medan belah, kusiapkan sambel matah. Dimakan dengan nasi panas-panas, mantab euy, makan sampai berkeringat. Sesudah kemarin makan ketupat sayur, lengkap dengan semua perantinya ala lontong Medan, rasany…

Memilih Sekolah dengan Disiplin Waktu yang Konsisten

Gambar
SD Swasta Pertiwi Pulo Brayan

Membaca dan mendengar maraknya kasus penculikan anak-anak, orang tua mana sih yang tidak khawatir? Hati selalu was-was, anak juga setiap hari dihujani dengan pesan segala macam. Jangan mau bicara dengan orang barulah, jangan jajan sembarangan, jangan mau terima pemberian orang lain, dan masih banyak ‘jangan’ lainnya.
Kecemasan kita mau tidak mau berimbas juga pada sikap si anak. Akibatnya anak menjadi sangat curigaan terhadap orang lain. Sampai-sampai anak juga curiga pada supir angkot, tukang ojek, mamang yang jualan jajan, pokoknya curiga pada tatapan semua orang. Kalau ditegur tidak mau nyahut, meskipun yang menegur ibu-ibu salah satu orang tua murid. Kalau disapa merengut, diajak bicara menangis, tatapannya penuh curiga, cuma mau bicara pada orang tuanya saja, saking takutnya berinteraksi dengan orang asing.
Bertolak belakang sekali dengan pendidikan yang diberikan agar anak bersikap santun dan berani menghadapi orang lain. Termasuklah me…

Bagaimana Bila Keluarga Suami Ikut Campur dalam Rumah Tangga? Jangan Panik, Atasi dengan Cara Berikut Ini

Gambar
Mengapa seseorang lebih cendrung ingin menjadi kaya? Kalau secara aku pribadi, orang kaya bisa membantu banyak orang, tangannya berada di atas karena mudah memberi. Dan yang pasti kekayaan tersebut harus  didapatkan dengan cara halal, bukan hasil menipu ataupun korupsi, apalagi menggandakan uang, hehehe...
Punya suami anak orang kaya itu asyik ya? Asyik dong...siapa sih yang tidak senang jadi menantu orang kaya? Ups, matreee...Bukan matre sih, tapi kalau diminta memilih, pilih mana coba, jadi menantu orang kaya atau jadi menantu orang miskin? Kalau aku sih pilih jadi menantu orang kayalah...Aku matre? Disebut matre juga enggak apa-apa, bhahaha...
Kalau pilihannya memilih kaya atau tidak kaya, ya sipapun pilih yang kaya. Soal ketidaknyamanan yang menyertainya bisa ditinjau kembali apa yang menjadi penyebab utamanya.. Kaya tetapi tersiksa secara batin, nah ini lain lagi soalnya. Sesudah tahu keadaan yang sesungguhnya tentu dibutuhkan keberanian dan kecerdasan untuk mengambil sikap. 
E…

Mencari Jodoh Lewat Aplikasi Internet, Nyaman, Bebas dari Rasa Malu

Gambar
Chatting dulu...
Bagi sebagian orang, mencari pasangan hidup sama sulitnya dengan menyatakan perasaan suka pada seseorang. Mungkin karena takut ditolak, ditertawakan atau diabaikan perasaannya. Kadang, meskipun seseorang terlihat sukses dalam berbagai hal belum tentu ia berani untuk mengungkapkan isi hati, apalagi melangkah ke jenjang perkawinan.
Karena kadang demikian sulitnya untuk membuka diri dan memulai hubungan, sering mereka dikesankan terlalu pilih-pilih pasangan. Pilih-pilih tebu, istilah orang tua dahulu! Sebenarnya bukan pilih-pilih tebu. Tapi tidak ada salahnya juga kalau memiliki kriteria wajib bagi calon pasangan, bukan? Masa iya asal he-eh saja sih? Masa iya begitu disodorin calon langsung oke? Sedarurat-daruratnya kondisi tentu masih ingin tahu tentang “si beliau” bukan?
Hanya sedikit yang menganggap memilih pasangan hidup bukan suatu kebutuhan. Demi memenuhi kebutuhan penting itu berbagai upaya dilakukan untuk menemukan pasangan seja…